Mengurangi Pengangguran Indonesia dengan Memanfaatkan Teknologi Digital

Untuk zaman modern seperti sekarang ini manusia tidak bisa jauh - jauh dari yang namanya teknologi. Karena apa? Ya karena mereka sudah merasakan sedikit atau banyaknya manfaat teknologi.

Seperti Indonesia, yang saat ini juga sudah merasakan manfaat dari teknolongi digital. 

Tapi masalah yang sedang dihadapi Indonesia saat ini adalah tingginya angka pengangguran. Oleh sebab itu masih banyak warga Indonesia yang di bawah garis kemiskinan.Teknologi Digital juga sebagai salah satu media untuk mengurangi masalah tersebut.

Indonesia sekarang bisa dibilang mempunyai jumlah pengangguran yang bisa dibilang lumayan banyak. Buat pengangguran yang tangannya gak bisa diem mau kerja, kalian bisa buka youtube. Nah kalian cari deh video buat bikin kerajinan, contoh "handicraft felt/flannel" nanti di video itu ada bahan bahannya, caranya, nah tinggal kita ikutin aja deh caranya. Kalau sudah jadi kerajinannya kita bisa buat yang lain sesuai dengan kreatifitas kita dan inget ya jangan sekali kali plagiat karya orang. Dari situ kita bisa wirausaha juga memiliki pendapatan. Untuk cari ide boleh boleh saja kok di internet, tapi jangan jadi plagiat ya :).

Untuk memperluas penjualannya kita bisa bikin suatu blog/facebook/twitter/dll. kita melakukan pemasaran di   halaman yang kita punya di situs internet. Di situ kita cantumin harga, nomer telepon, dan cara cara memesan  untuk orang yang mau memesan. Bisa dibilang ini sudah termaksud "bisnis" walau masih kecil kecilan yang mungkin akan merambah menjadi bisnis besar yang bisa menghidupi anda dan keluarga anda.

Selain youtube, google juga bisa digunakan sebagai tempat mencari artikel untuk membuat ide usaha. Tapi kalau lebih jelas sih liat videonya langsung, karena kita bisa lihat langsung contoh pembuatannya. Gak cuma kerajinan aja kok yang bisa dicari, tapi buat resep masakan juga ada yang mau buat rumah makan. Ini cuma sebagai contoh aja, saya yakin orang Indonesia kreatif kreatif kok.

Semoga pengangguran di Indonesia bisa berkurang ya dengan artikel ini. Makasih semua yang udah mau baca.

Di bawah ini manfaat teknologi digital bagi Indonesia lainnya : 

1. E-Governement Indonesia
    Pemerintah Indonesia sekarang memakai E-Governement. Manfaatnya buat apa sih? Ya, buat lebih efisien kalau kita memerlukan pelayanan dari pemerintah. Irit kertas juga jadinya kan, apalagi sekarang jamannya "Go Green" buat penyelamatan bumi. Sehingga hutan Indonesia juga bisa terselamatkan.

2. E-Banking
    Era digital juga merambah ke dunia perbankkan. Contoh misalkan kita mau transfer uang, nah kita gak perlu jauh jauh ke atm atau ke banknya langsung. Kita cukup membuka website bank kita, terus transfer deh uangnya. lebih gampang kan? 

4. Online Store
    Biasanya ini digunakan buat orang jualan jualan. Lumayan kan banyak yang ngelirik. Asal kita bisa jaga kepercayaan satu sama lain aja. Mungkin dengan ini pendapatan perkapita Indonesia bisa merambat naik :) .

5. Pembayaran
    Buat yang sibuk kerja, gak sempet bayar listrik, telepon, dll, kalian bisa langsung bayar pake atm jadinya gak ribet lebih efisien.

6. Koran Digital 
    Biasanya ini sering digunakan oleh orang dewasa baik laki - laki maupun perempuan yang tidak punya waktu untuk membaca korang di pagi hari yang biasanya mereka sudah berada di jalan pergi ke kantornya. Sehingga para orang dewasa di Indonesia tidak ketinggalan berita Nasional atau pun Internasional

7. Musik
    Buat anak muda jaman sekarang mereka lebih memilih menggunakan Mp3 Player yang lebih gampang buat dibawa - bawa pergi ke mana aja. 

8. Komik Digital
    Nah ini paling sering digunakan oleh para remaja kalau buka internet. Yup komik atau manga digital biasanya sedikit lebih maju update-nya, dibandingkan komik yang di toko buku. Hahaha biasanya sih ini buat yang pada penasaran kelanjutan ceritanya. Jadinya terpuaskan deh rasa penasarannya kalau udah baca.


Kenapa saya nulis ini ya karena dapat link dari twitter salah satu membernya  Komunitas Ngawur (Ngeblog Jawa Timur) dan setelah dibaca ya Komunitas Ngawur bekerja sama dengan Pusat Teknologi yang didukung atau disponsori oleh Blogger Nusantara ngadain lomba "Ngawur Writing Contest" .

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer